Steak Lada Hitam

Membuat steak lezat ala hotel ternyata tidak sulit. Asal pemilihan daging benar, teknik pengolahan yang tepat serta bumbu-bumbu yang pas, steak buatan sendiripun akan selezat menu restoran. Berikut resep steak lada hitam, cita rasa seteak ini istimewa karena sentuhan lada hitam yang pedas.

Bahan:

800 g daging sapi has dalam/sirloin

1 sdt lada hitam, haluskan

1 sdm kecap asin

2 sdm mentega

Saus Steak:

150 ml kaldu sapi

2 sdm susu tawar cair

2 sdm saus BBQ

1 sdm saus tomat

½ sdt gula pasir

1 sdt tepung terigu

½ sdt pala bubuk

40 sdm bawang Bombay cincang

1 sdt bubuk lada hitam

1 sdm mentega/margarin

1 sdt garam halus

Setup Sayuran: Rebus kemudian tumis dengan sedikit margarine, lada dan garam:

100 g wortel, potong dadu

100 g buncis, potong dadu

Cara Membuat:

1. Potong daging melawan serat dengan masing-masing seberat 250 g. Rendam di dalam larutan kecap asin, lada dan garam. Biarkan bumbu meresap selama 30 menit.
2. Panaskan mentega dalam wajan datar anti lengket. Goreng seteak sambil dibolak-balik hingga matang. Angkat. Sajikan panas dengan setup sayuran dan saus pelengkap.
3. Saus: panaskan mentega, tumis bawang Bombay hingga harum. Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Tuang kaldu dan bahan saus lainnya. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan tekstur saus mengental. Angkat.
4. Penyajian: Atur potongan steak di dalam pinggan saji, siram dengan saus steak dan sajikan dengan setup sayuran.

Untuk 4 Porsi

Tips Mengolah Steak

Agar hasil steak maksimal, perhatikan tip berikut;

1. Apapun dagingnya usahakan memotong dengan cara melawan urat/serat agar daging tidak liat.

2. Jika steak disajikan dalam bentuk potongan besar, rendam dalam bumbu lebih lama agar bumbu meresap dan beri pengempuk daging (serbuk papain) agar tekstur daging tidak liat.

3. Pilih daging bagian terlunak seperti sirloin atau topside untuk hasil steak maksimal. Pilih daging impor karena lebih empuk.

4. Jangan pernah memasak steak terlalu lama karena tekstur daging justru akan liat karena kehilangan cairan. Rasa manis dan tekstur yang juicy khas daging juga berkurang jika Anda memasak terlalu lama.

5. Jika daging disimpan di dalam freezer, Layukan selama semalam di dalam kulkas agar daging lebih empuk dan mudah diolah.

6. Tingkat kematangan steak ada beberapa macam, seperti:
• Very Rare : untuk 225 gr daging dimasak 1 menit setiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah.
• Rare : untuk setiap 225 gr daging, dimasak 2 menit setiap sisinya. Warna permukaan merah muda, sedang dalamnya mentah dan berdarah.
• Medium: untuk 225 gr daging dimasak 3-4 menit setiap sisinya. Bagian luar berwarna kecoklatan, dalamnya merah muda hampir matang.
• Well done : untuk 225 gr daging dimasak 5 menit setiap sisinya. Daging matang, Untuk penggemar steak tingkat kematangan ini tidak desarankan sebab daging kehilangan gurihnya.

About these ads