Sop Iga

iga bakar

iga bakar

Meskipun daging iga pada umumnya memiliki teksur yang agak lengket, iga di Souplus Restaurant ini jauh lebih empuk. Untuk melepaskan dari tulangnya, cukup dengan sendok dan garpu. Iga dimasak dengan sop, yang kuahnya terasa sangat gurih.

Berdasarkan pola makan formal yang banyak diterapkan di negara-negara Eropa, sop merupakan menu yang dinikmati sebelum menyantap hidangan utama (main course). Di Indonesia, sop sering juga dinikmati sebagai hidangan utama, yang biasanya ditemani dengan nasi, dan condiment yang lainnya, seperti emping, jeruk nipis, sambal, daun bawang, dan sebagainya. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila Indonesia, sampai sekarang, telah memiliki banyak sekali jenis sop pada masakan khasnya, seperti sop buntut, sop daging, sop kaki, dan belum lagi jika ditambah dengan jenis makanan berkuah yang lainnya, seperti soto, rawon, dan sebagainya.

Dimasak dengan Susu Segar
Salah satu jenis yang banyak diminati adalah Sop Iga. Seperti namanya, jenis sop ini menggunakan daging dari bagian iga, terutama dari daging sapi. Iga (ribs) diambil dari bagian tubuh di sekitar rusuk, yang teksturnya sendiri agak keras dan lengket. Karena tekstur yang seperti itu, iga sering sekali dijadikan bahan untuk steak atau masakan-masakan grill yang lainnya, dan banyak juga yang menggunakannya untuk membuat sop.

Salah satu restoran yang menyajikan Sop Iga adalah Souplus Restaurant. Iga direbus bersama dengan rempah-rempah, yang antara lain terdiri dari merica, kayumanis, pala, dan bunga lawar. Setelah mendidih, buih rebusannya dibersihkan, dan dimasukkan bumbu-bumbunya, yaitu bawang merah dan bawang putih yang sudah diblender menjadi satu.

Yang spesial dari Sop Iga di Souplus ini adalah penggunaan susu segar, yang dimasukkan terakhir, setelah bumbu-bumbunya dimasukkan. Bersama susu segar, dicampurkan pula penyedap rasa. Penggunaan susu segar sendiri membuat rasanya menjadi lebih gurih, mulai dari kuah hingga daging iganya.

Iga yang Empuk
Iga direbus hingga 2 jam. Oleh karenanya, dagingnya menjadi lebih empuk dan mudah dilepas dari tulangnya. Hanya dengan menggunakan sendok dan garpu, daging iga sudah dapat dilepaskan dari tulang dan siap disantap.

Sop Iga disajikan bersama potongan tomat, daun bawang, bawang goreng, dan emping. Bagi Anda yang menyukai pedas, bisa juga menambahkan sambal dan jeruk nipisnya. Semangkuk Sop Iga, lengkap dengan condimentnya ini, dapat dinikmati dengan harga Rp. 17.500,-. Dengan menambah Rp. 3.500,- lagi, Anda dapat menikmatinya bersama nasi. Mulai bulan April 2007 ini, dapat dinikmati pula paket promo yang terdiri dari Sop Iga, nasi, dan segelas lemon tea, yang ditawarkan dengan harga Rp. 21.000,-